Kelebihan Vinyl Flooring dan juga kekurangannya

kelebihan vinyl flooring

kelebihan vinyl flooring – Bagi Anda ingin mempunyai lantai kayu, tetapi khawatir akan harganya yang terbilang tinggi, mungkin ada baiknya jika Anda menggunakan Vinyl flooring. Vinyl sendiri lebih sering digunakan sebagai pelapis lantai pada rumah, apartemen hotel atau yang lainnya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan, ketika Anda menggunakan lantai yang satu ini, ulasan kali ini akan membahasnya untuk Anda.

Kelebihan Vinyl flooring

Adapun kelebihan vinyl ketika Anda menggunakan Vinyl flooring antara lain :

  1. Lebih awet

Khususnya untuk Vinyl dari jenis SPC atau Stone Polymer Composite ini terkenal lebih awet dan tahan lama. salah satu kelebihan dari lantai yang satu ini adalah tahan hingga 15 atau bahkan 20 tahun kedepan.

Tidak hanya itu, jenis lantai yang satu ini mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu menyapunya secara rutin dan juga mengepelnya juga secara rutin, agar lantai tetap bersih.

Jika dibandingkan dengan lantai kayu, jenis lantai yang satu ini terbilang kebal terhadap pergantian cuaca, sinar matahari, dan juga air hujan.

  1. Lebih ekonomis

Kelebihan vinyl flooring berikutnya adalah harganya yang lebih terjangkau, dibanding dengan jenis lantai lainnya. Di mana harga per meter untuk bahan yang satu ini terbilang lebih murah, ketimbang lantai kayu atau juga parket.

Hasilnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, hanya untuk membuat lantai rumah terlihat lebih cantik.

  1. Mempunyai banyak pilihan

Koleksi wood Vinyl flooring ini sendiri terbilang cukup banyak. Anda dapat memilih salah satu koleksi yang dinilai tepat, sesuai dengan kebutuhan lantai di rumah Anda. Tips untuk Anda, pilih desain lantai yang sesuai dengan tema ruangan yang akan digunakan. Dalam hal ini tidak hanya koleksi desain saja yang beragam, namun koleksi warna lantai Vinyl ini juga beragam.

  1. Tahan gores

Memang tidak semua jenis lantai Vinyl mempunyai kualitas yang baik, namun tidak dengan jenis lantai Vinyl SPC. Dimana bahan yang satu ini mempunyai lapisan anti gores. Hasilnya ketika Anda menggunakan lantai yang satu ini, lantai akan terlindung dari gesekan perabotan rumah tangga, mulai dari aneka furniture atau yang lainnya.

  1. Noda mudah dibersihkan

Tidak seperti serat kayu yang mudah menyerap air, sudah pasti jenis lantai yang satu ini tidak akan menyerap noda bekas makanan atau juga zat cair lainnya. Ini akan jadi salah satu kelebihan vinyl tersendiri untuk Anda.

Ketika lantai tidak dapat menyerap cairan seperti ini, hasilnya Anda jadi mudah untuk membersihkan berbagai macam noda, terutama noda cairan. Cukup menggunakan sapu atau juga kain pel, maka berbagai macam noda dapat Anda bersihkan dengan baik.

  1. Tahan air dan tidak licin

Tidak perlu khawatir lantai jadi mudah lapuk atau juga lembap. Karena lantai yang satu ini mempunyai tekstur yang kesat dan menjadikannya aman ketika terkena tumpahan air. Artinya Anda tidak perlu khawatir terpeleset karena terkena genangan air yang licin.

  1. Mudah dipasang dan hemat biaya

Proses pemasangan lantai yang satu ini terbilang lebih mudah dan juga cepat, jadi Anda tidak perlu menggunakan tukang khusus untuk memasang jenis lantai yang satu ini. di samping itu harga Vinyl flooring ini terbilang lebih murah ketimbang lantai kayu umumnya.

  1. Membuat rumah terlihat lebih mewah

Dengan menggunakan lantai seperti ini, membuat rumah Anda terlihat lebih mewah dan elegan.

Kekurangan Vinyl flooring

Ada kelebihan vinyl flooring sudah pasti ada kekurangan. Adapun kekurangan dari Vinyl flooring adalah bahan dan beberapa hal lainnya, antara lain :

  1. vinyl floor Menggunakan material sintetis

Mengingat kebanyakan jenis lantai yang satu ini menggunakan bahan sintetis, dengan kandungan VOC atau Volatile Organic Compound, yang mampu memengaruhi kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memastikan bahwa sirkulasi udara di dalam rumah baik. Selain itu, lantai ini juga tidak dapat didaur ulang.

  1. Kalah mewah dengan parket premium dan juga kayu solid

Bisa dibilang penggunaan lantai jenis ini, terbilang tidak lebih mewah dibandingkan menggunakan bahan parket premium atau juga jenis kayu solid. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan jenis luxury Vinyl flooring.

  1. vinyl floor Tidak cocok untuk outdoor

Kebanyakan lantai Vinyl ini memang kurang cocok jika digunakan untuk outdoor. Karena daya tahan yang kurang baik, ketika terlalu sering terkena perubahan cuaca. tetapi kalau Anda tetap ingin menggunakan jenis lantai seperti ini untuk di luar ruangan, maka Anda dapat menggunakan jenis Vinyl flooring outdoor.

  1. vinyl floor Warnanya mudah pudar

Seiring berjalannya waktu, warna dari lantai Vinyl ini akan mulai berubah, jika demikian Anda dapat menggantinya dengan lantai yang baru.

Demikianlah beberapa kelebihan vinyl flooring dan kekurangan Vinyl flooring yang perlu Anda ketahui. Tentunya ini akan jadi pertimbangan penting, ketika Anda akan menggunakan jenis lantai yang satu ini.